Senin, 09 September 2013

Teknik Instalasi Windows XP

A.TUJUAN

Setelah melaksanakan praktikum ini mahasiswa mampu:
1. Mengenal system operasi widows XP
2.Mampu melakukan instalasi Windows XP dengan meggunakan CD Master

B.ALAT DAN BAHAN
1. Komputer (PC)
2.CD Master Windows XP


C.TEORI PENDUKUNG
Sistem Operasi memberikan sifat hidup pada komputer, agar computer dapat melakukan berbagai tugas aplikasi. Jenis-jenis sistem operasi telah diterangkan pada uraian materi 1, yaitu DOS, WINDOWS, LINUX, NOVELL, SUNSOFT. Proses instalasi sistem operasi yang akan diterangkan pada kegiatan belajar 2 ini adalah sistem operasi Microsoft Windows 98 dan Microsoft Windows XP.
Sistem operasi windows 98 dan XP merupakan sistem operasi paling populer di Indonesia selain beberapa varian Linux yang saat ini sedang digemari para pecinta produk open source. Windows adalah system operasi milik pabrikan Microsoft yang sampai saat ini sudah mengeluarkan banyak versi, seperti windows 3.11, windows 95, windows 98, windows ME, windows 2000, windows XP dan lain-lain. Kegiatan belajar 2 ini akan mempelajari proses instalasi software sistem operasi Windows 98 melalui prompt DOS dan instalasi windows XP melalui windows explorer dan melalui bootable windows XP CD.
Proses Instalasi software dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
a.Melalui Prompt DOS: cara ini dilakukan apabila belum terdapat system operasi dalam suatu komputer.
b.Melalui Bootable CD: cara ini dilakukan apabila cd master program yang akan diinstal bersifat bootable (bisa digunakan untuk booting) sehingga bisa mengganti fungsi sistem operasi saat proses booting berlangsung.
c.Melalui Windows Explorer: cara ini dilakukan apabila sudah terdapat sistem operasi windows.
Istilah yang harus diketahui dalam menginstalasi sebuah software.
1. Autorun : setelah CD master program yang akan diinstal dimasukkan ke CD drive, secara otomatis akan muncul tampilan wizard untuk melakukan proses instalasi tanpa harus mengakses ke file eksekusai instalasi (setup.exe / install.exe).
2. Setup.exe : nama file yang paling umum digunakan untuk menjalankan eksekusi installasi suatu software.
3. Install.exe : nama file yang fungsinya sama dengan setup.exe tetapi tidak banyak dipakai, lebih banyak dipakai setup.exe. Biasanya dalam CD master program menggunakan salah satu file itu (setup.exe atau install.exe) untuk menjalankan eksekusi instalasi software.
4. CD key : Kode yang digunakan untuk meregistrasi software yang diinstal sehingga mendapat lisensi dari pembuatnya. Saat menjalankan wizard instalasi software akan diminta kode untuk dimasukkan. Kode tersebut tersimpan dalam file berekstensi txt yang biasanya bernama Cdkey.txt atau Serial.txt atau serialno.txt dan nama file yang lain yang hampir sama. File ini dapat dibuka dengan notepad.

Proses Installasi Microsoft Windows XP melalui Bootable CD dengan asumsi harddisk sudah dipartisi dan diformat serta belum ada system operasi yang terinstall. Bahan yang diperlukan adalah Bootable CD master Windows XP Profesional dan CDROM drive.
D.LANGKAH KERJA
a.Hidupkan komputer, saat booting tekanlah tombol Delete pada keyboard. Pilihlah BIOS Feature SETUP menggunakan anak panah ke bawah pada keyboard, kemudian tekan enter.
b.Pindahkan posisi Boot Sequence ke “CD ROM,C” artinya booting awal dimulai dari floppy disk drive. Menggunakan Page Down/Page UP pada keyboard
c.Tekan ESC, Pilihalah item Save & Exit Setup, tekan enter. Tekan Y. Komputer kembali melakukan booting. Masukkan bootable CD Master Windows XP Profesional.
d.Muncul gambar sebagai berikut:
e.Klik tombol pilihan Setup XP Professional (MSDN-VLK). Muncullah kotak dialog sebagai berikut:
f. Klik lah tombol Install Windows XP. Muncullah kotak dialog sebagai berikut:
g. Terdapat dua pilihan Installation Type, yaitu New Installation (semua data akan hilang, karena sistem operasi yang ada akan dihapus dan digantikan dengan windows XP Profesional) dan Upgrade (data tidak akan hilang karena pada pilihan iniotomatis akan mengupgrade sistem operasi lama dengan windows XP Profesional).
h. Pilihlah New Installation, kemudian kliklah tombol Next, muncul kotak dialog License Agreement sebagai berikut:
i. Pilihlah I accept to agreement, kemudian kliklah tombol Next, keluar kotak dialog
j. Setup menampilkan kotak dialog Your Product Key, cantumkan serial nomor pada kotak isian. Klik tombol Next.(Nomor serial Windows biasanya dicantumkan pada CD Microsoft Windows XP pada salah satu file dalam program Windows XP)
k. Kliklah tombol Next. Lanjutkan sampai proses instalasi selesai. Dan komputer melakukan restarting. Tampilan Windows XP, adalah sebagai berikut:
E.KESIMPULAN
Proses instalasi Windows XP Proffesional tidak bisa dijalankan under DOS, sehingga untuk proses instalasi harus menggunakan CD master Windows XP yang bootable agar dapat langsung menjalankan wizard instalasinya. Cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan menginstall terlebih dulu versi windows yang dapat dijalankan under DOS seperti windows 98, setelah selesai kemudian jalankan proses instalasi windows XP melalui jendela windows explorer. Hal ini dapat dilakukan untuk menimpa windows 98 agar menjadi windows XP, syaratnya destinasi direktori harus sama yaitu c:\>windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar