Senin, 09 September 2013

Instalasi Hardware Komputer

A.Tujuan
1. Mahasiswa dapat mengenal peralatan pada sebuah CPU.
2. Mahasiswa dapat merakit komponen-komponen utama komputer pada
mainboard.
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi spesifikasi komponen yang terdapat
pada PC trainer yang telah disediakan.

B.Alat dan Bahan
1.Cpu Trainer
2. Obeng (+) dan obeng (-)

C.Materi Teoritis
DEFINISI KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Jadi dari keterangan diatas, dapat di simpulakan bahwa komputer adalah :
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan dimemori komputer (stored program)
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja secara otomatis



SISTEM KOMPUTER
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari :
1.keras (hardware) adalah peralatan komputer itu sendiri ataumerupakan peralatan disistem komputer yang secara phisik terlihat dan dapat dijamah.
2.perangkat lunak (software) adalah program yang berisi perintah – perintah untuk melakukan pengolahan data.
3.brainware adalah manusia yang terlibat didalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Hardware Komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu
1.Perangkat keras: Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor
2.Perangkat keras: Memori ROM dan RAM
3.Perangkat keras: Input/Output
Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board, selanjutnya akan diperinci bagian-bagian dari Komputer tersebut :
a.Central Processing Unit / Processor
Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.

b.Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
c.Tercepat: Chace Memory dan Main Memory
d.Terlambat: Sekunder Memory
Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan – hubungan lain, yaitu :
1. Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
2.Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
3.Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.
D.Langkah Kerja
Sebelum melakukan perakitan komponen-komponen komputer, ada beberapa hal yang harus disiapkan yaitu ketersediaan casing sebagai tempat meletakkan komponen-komponen komputer. Komponen tersebut yang terdapat dalam casing meliputi mainboard, power supply, disk drive, harddisk, CDROM, VGA card, Sound CARD, dll.
Pemilihan jenis casing sangat penting, karena sangat menentukan penampilan komputer setelah selesai dirakit. Peralatan kerja juga dibutuhkan agar komponen-komponen komputer terpasang dengan benar dan mengurangi resiko kerusakan, terutama pada mainboard karena komponen ini sangat sensitif dikarenakan pada komponen ini semua komponen komputer terpasang. Berikut ini adalah peralatan pendukung dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit yaitu:
a.Mempersiapkan tools yang dibutuhkan seperti obeng (+) dan (-)
b.Memastikan komputer dalam keadaan mati (power off)
c.Jauhkan segala magnet dari hardisk.
d.Jauhkan air dan cairan dari komputer dan komponennya.
e.Menginstall dengan disertai manual dari motherboard
f.Ikuti petunjuk dari dosen pembimbing.

1.Menginstal processor (jenis soket)
1.Menempatkan soket Zif dan buku dengan menarik tangkai soket keatas.
2.Memasukkan CPU kedalam socket dengan menjaga keadaan tangkai soket ketika memasukkan CPU.
3.Ketika memasukkan CPU harus memperhatikan orientasi yang benar ada petunjuk khusus pada processor dan soket.
4.Mendorong CPU kebawah dan mengembalikan tangkai soket ke posisi semula.
5.Meletakkan Heatsink diatas CPU dan pasang pengikatnya dengan benar.
6.Kemudian kabel fan (kipas) dengan supply.
Perhatian : Beberapa Motherboard masih memakai jumper setting atau Dio umutk mengatur kecepatan clock untuk processor yang akan kita bahas pada bab berikutnya. Sebagian yang lainnya secara otomatis mendeteksi kecepatan processor atau setting secara BIOS (Basic Input Output System).
2.Menginstall Memori
Jumlah slot dari memori tergantung dari slot yang tersedia pada MotherBoard. Cara pemasangan DIMM:
1.Buka kancing socket
2.Periksa figure cetakan RAM
3.Masukkan modul SDRAM ke DIMM slot
4.Kunci/tekan kembali kancing
3.Menginstall AGP Card
1.Mencari lokasi AGP slot
2.Memasang AGP port dengan hati-hati, tekan tegak lurus dengan bidang motherboard.
3.Cara pemasangan peralatan lainnya pada slot PCI atau ISA seperti VGA Card, Sound Card, dann lain-lain sama dengan pemasangan AGP Card. Perbedaan hanya jenis Slot yang akan dipasang.
4.Menginstall HardDisk
Setelah diskdrive terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang harddisk. Hanya saja kabel yang digunakan lebih besar sesuai dengan jumlah pin yang tersedia (39 pin). Dengan langkah-langkah sebagai berikut::
1.Mencari Port IDE pada MotherBoard
2.Memasang ujung kabel pada IDE connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanada khusus pada IDE connector.
3.Memasang ujung lainnya pada Haeddisk
4.Memasang kabel supply HardDisk (perhatikan bentuk pasangana socket power supply)
5.Menginstall Disk Drive
Diskdrive merupakan suatu alat yang digunakan untuk membaca disket atau floppy disk. Dengan diskdrive ini data maupun sistem atau aplikasi dapat dibaca dan dieksekusi melalui media ini.
Prosedure pemasangan diskdrive tidak terlalu sulit dapat dilakukan sebagai berikut:
1.Mencari Port FDD pada MotherBoard
2.Memasang ujung kabel pada FDD connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada FDD connnector.
3.Memasang ujung lainnya pada DiskDrive.
4.Memasang kabel supply Disk Drive (perhatikan bentuk pasangan socket power supply).
6.Menginstall Connector untuk Panel Chasing
1.Memasang dengan teliti dan connector untuk panel depanChasing.
2.Posisi pin/kaki connector tergantng MotherBoard (lihat pada manual MB atau perhatikan data yang tertulis disekitar MotherBoard).
7.Mengginstall Power Supply untuk MotherBoard
Memasangkan kabel power supply yang berwarna warni dari casing ke connector powersupply yang tersedia pada MotherBoard, dengan cara menekan connector.
8.Memasang chasis Panel Connector
Menghubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti KeyBoard, Mouse, Monitor, dll. Setelah semuanya terpasang dengan benar, maka komputer akan hidup yaitu akan menghasilkan bunyi/suara BIP sebanyak 2 kali yang menyatakan komputer terinstall dengan benar.


E.EVALUASI/PENUGASAN
1.Catatlah spesifikasi komponen yang terdapat pada PC trainer anda.
2.Rakitlah MainBoard pada cassing, dengan menukar beberapa komponen hardware dengan teman anda. Installasilah hardware sehingga dapat bekerja dengan normal.
Jawaban:
a.Processor intel pentium IV
b.HardDisk 20GB
c.LAN CARD
d.VGA CARD
e.CDROM SC-140 SAMSUNG 40x
f.Memori SD RAM 128 dua buah
g.Power Supply Kumkang model : UEP-300A ATX
h.Mother Box: (EMI (B))

F.KESIMPULAN
Pada setiap computer mempunyai spesifikasi yang berbeda – beda terganrung dari jenis dan produksi nya. Hal – hal yang mendasar ketika kita ingin menginstal cpu adalah kita harus mengetahuai spesifikasi dan peralatan perangkat keras yang dimiliki oleh computer itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar